7 Masjid di Rusia dengan Arsitektur Indah, Salah Satunya Punya Al Quran Raksasa

Rabu, 15 Maret 2023 - 20:15 WIB
Masjid Lala Tulip di Rusia yang memiliki arsitektur unik. FOTO/Iqna
MOSKOW - Beberapa Masjid di Rusia ini terkenal akan kemegahan dan keindahannya. Meski masyarakat Rusia mayoritas beragama Kristen Ortodok, namun tempat ibadah agama lain cukup banyak bertebaran di seantero negeri.

Dalam survei yang dilakukan oleh Levada Center di tahun 2020, menyebutkan bahwa terdapat 7% dari total populasi di Rusia yang memeluk ajaran Islam. Sementara 63% beragama kristen dan sisanya mengaku tak beragama.

Berikut sejumlah masjid di Rusia yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya:



1. Kul Sharif

Masjid megah dengan kombinasi warna biru muda dan putih ini memiliki enam menara setinggi 55 meter. Menurut Russia Beyond, bentuk "Topi Kazan" menginspirasi bentuk arsitektur masjid Kul Sharif di Kazan. Masjid ini dibangun di tempat kuil menara legendaris, yang telah dihancurkan.



2. Lala Tulip

Masjid Lala Tulip merupakan pusat peribadatan utama bagi rakyat Bashkortostan. Tampilan masjid ini sangatlah unik. Dengan bangunan utama mirip dengan bunga tulip yang sedang mekar dan dua menara yang menyertainya berbentuk kuncup bunga tulip.

3. Bulgar

Dilansir dari Travel Triangle, Masjid Rusia ini memiliki bangunan megah bercat putih yang terlihat mirip dengan Taj Mahal di India. Bahkan orang orang menyebut masjid ini sebagai 'Karan Taj Mahal'.

Bangunan suci ini bahkan telah mendaftarkan namanya sebagai situs warisan dunia yang telah diakui UNESCO. Di dalam Masjid Bulgar terdapat Al Quran terbesar yang dihiasi oleh permata dengan berat sekitar 800 kg.

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More