4 Tragedi Pengeboman Salat Jumat Paling Tragis di Dunia, Mayoritas di Afghanistan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 13:19 WIB
4 tragedi pengeboman saat salat Jumat paling tragis di dunia. Foto/Ilustrasi/Sindonews
JAKARTA - Sedikitnya ada empat kasus pengeboman masjid saat Sholat Jumat di dunia sepanjang tahun 2022. Kebanyakan kasus ini terjadi di negara bergejolak tepatnya di Afghanistan.

Banyak yang menduga bahwa kasus pengeboman saat Sholat Jumat ini dilakukan oleh kelompok ekstrimis ISIS. Telah banyak korban yang berjatuhan dalam peristiwa mengerikan tersebut.

Berikut ini empat tragedi pengeboman Sholat Jumat paling tragis sepanjang tahun 2022 :

1. Pengeboman Masjid Peshawar - Pakistan

Dilansir dari BBC, pada Maret 2022 lalu terjadi kasus pengeboman masjid di kota Pesharwar, Pakistan yang telah menewaskan sedikitnya 56 orang.

Terdapat lebih dari 190 orang luka luka dalam dugaan pengeboman bunuh diri di masjid Syiah saat Sholat Jumat diadakan.



Insiden bermula ketika terdapat dua orang bersenjata yang tiba tiba menembak polisi di luar masjid. Seorang polisi tewas dalam baku tembak itu. Penyerang kemudian lari ke masjid dan meledakkkan bom.

2. Pengeboman Masjid Kabul - Afghanistan

Ledakan bom saat Sholat Jumat selanjutnya kembali muncul di waktu yang berdekatan pada April 2022. Pengeboman terjadi di Masjid Ibu Kota Afghanistan, Kabul.

Menurut VOA News, Pejabat pemerintah Taliban yang berkuasa mengkonfirmasi jumlah korban tewas setidaknya 10 orang. Namun Sayed Fazil Agha, imam shalat di Masjid Khalifa Sahib, mengatakan terdapat lebih dari 50 jemaah telah tewas.

Ledakan itu dilaporkan merusak atap masjid, yang ambruk menimpa jemaah. Kasus ini menyusul serentetan pemboman masjid dan sekolah Afghanistan selama bulan suci Ramadhan, yang telah menewaskan puluhan orang.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More