Irak: Iran Berhak Bantu Kami

Senin, 11 Mei 2015 - 17:54 WIB
Irak: Iran Berhak Bantu...
Irak: Iran Berhak Bantu Kami
A A A
LOS ANGELES - Menteri Luar Negeri Irak, Ibrahim Jafari mengatakan, Iran memiki hak untuk memberikan bantuan kepada negaranya, terlebih saat dimana Irak sedang berusaha melawan ISIS. Hal tersebut diutarakan Jafari ketika melakukan wawancara dengan Los Angeles Times, seperi dilansir Gulf News pada Senin (11/5/2015).

Pernyataan itu muncul, ketika dirinya ditanya apakah Irak merasa khawatir dengan peran Iran dalam melakukan perlawanan terhadap ISIS. Dirinya menegaskan, Irak tidak pernah merasa khawatir akan kehadiran Iran di tanah mereka.

"Kami tidak memiliki kekhawatiran tersebut. Iran adalah negara tetangga Irak, dan kami berbagi perbatasan sepanjang 1.400 kilometer. Bahaya, yang dirasakan oleh kami juga mulai mendekat ke Iran," kata Jafari dalam wawancara tersebut.

"Secara geografis dan sejarah antara kedua negara, memberikan hak kepada Iran untuk membantu kami dalam melawan ancaman ini (ISIS). Dan, apa yang mereka (Iran) lakukan merupakan bagian dari upaya internasional untuk membantu kami, sama halnya dengan apa yang dilakukan Selandia Baru, Australia atau Amerika Serikat (AS)," sambungnya.

Dirinya yakin, tidak ada maksud terselubung dari bantuan yang diulurkan Iran pada kepada Irak.
Di kesempatan yang sama, ketika ditanya apakah ada kekhawatiran dari Iran mengenai keterlibatan AS dalam membantu Irak melawan ISIS, Jafari mengatakan iya. Dirinya mengatakan, hal serupa juga diutarakan AS mengenai kehadiran Iran di Irak

"Sama seperti AS yang mungkin memiliki beberapa kekhawatiran tentang dukungan Iran di negara kami, Iran juga memiliki kekhawatiran sendiri mengenai kehadiran Eropa dan dukungan Amerika di Irak," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0890 seconds (0.1#10.140)