Tiga Pemimpin ISIS Berebut Posisi Baghdadi

Senin, 11 Mei 2015 - 15:04 WIB
Tiga Pemimpin ISIS Berebut Posisi Baghdadi
Tiga Pemimpin ISIS Berebut Posisi Baghdadi
A A A
RAQQA - Kondisi bos ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi yang tak kunjung membaik paska terkena serangan Amerika Serikat (AS) beberapa waktu dikabarkan membuat ISIS akan menunjuk pemimpin sementara dalam waktu dekat. Tiga orang pemimpin ISIS, yang merupakan anggota senior tersebut dilaporkan memperebutkan posisi tersebut.

Menurut laporan Daily Beast seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (11/5/2015), ketiga nama yang muncul dalam bursa calon pengganti sementara Baghdadi adalah Abu Ali al-Anbari, Abu Ala al-Afri dan Abu Luqman.

Abu Ali al-Anbari, adalah pemimpin ISIS di kawasan Mosul, Irak yang disebut-sebut sebagai ibukota ISIS. Sementara Abu Ala al-Afri, seorang petinggi ISIS yang dahulunya adalah panglima militer Irak dan juga seorang guru fisika. Sedangkan Abu Luqman adalah pemimpin ISIS di Raqqa, Suriah.

Dari ketiga nama tersebut, al-Afri digadang-gadang sebagai calon terkuat untuk menjadi pemimpin sementara ISIS. Hal ini dikarenakan, al-Afri adalah orang kepercayaan Baghdadi, dan saat ini menjabat sebagai wakil bos ISIS tersebut.

ISIS diberitakan akan mengumkan nama pemimpin sementara mereka pada akhir pekan ini. Soal Baghdadi, berdasarkan pengakuan seorang pembelot ISIS, Baghdadi telah dibawa ke kota Raqqa di Suriah untuk menjalani perawatan. Baghdadi mengalami cidera parah di bagian punggung akibat serangan AS dan sekutunya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5937 seconds (0.1#10.140)