ASEAN Soroti Reklamasi yang Dilakukan China

Kamis, 30 April 2015 - 17:40 WIB
ASEAN Soroti Reklamasi yang Dilakukan China
ASEAN Soroti Reklamasi yang Dilakukan China
A A A
JAKARTA - Masalah Laut China Selatan menjadi salah satu pembahasan utama dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung di Malaysia pada akhir pekan lalu. Reklamasi yang dilakukan China, menjadi sorotan utama dalam pemabahasan itu,

"Kali ini yang menjadi sorotan dari para pemimpin negara ASEAN adalah mengenai masive reclamation yang dilakukan oleh China. Ini bertentangan dengan semangat DOC sendiri, yakni untuk menahan diri," kata Direktur Jenderal kerjasama ASEAN, I Gusti Wesaka Puja pada Kamis (30/4/2015).

Menurut Puja, bila hal ini dibiarkan berlarut-larut maka dapat berpengaruh pada banyak hal. Bukan hanya pada keamanan di kawasan ASEAN, termasuk di dalamnya pada perkembangan ekonomi di kawasan.

"Sebab, ke depannya bukan hanya masalah keamanan dan perdamaian yang terancam, tapi juga lingkungan akan terancam, ekonomi juga akan terancam," sambungnya.

Dirinya menuturkan, para pemimpin di ASEAN sudah menghimbau agar China berkomitmen untuk selalu menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan. Caranya dengan tidak melakukan provokasi-provokasi dan menahan diri.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1785 seconds (0.1#10.140)
pixels