Pemerintah RI Siap Evakuasi WNI di Nepal

Rabu, 29 April 2015 - 21:54 WIB
Pemerintah RI Siap Evakuasi WNI di Nepal
Pemerintah RI Siap Evakuasi WNI di Nepal
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Warga Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI), Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, tugas utama misi ke Nepal adalah pengiriman bantuan kemanusiaan dan evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang berada di negara tersebut. Saat ini sudah 95 WNI yang diduga berada di Nepal, namun kondisi 17 diantaranya masih misterius.

Ketika ditanya berapa jumlah WNI yang akan dievakuasi di Nepal dalam evakuasi tahap pertama, Iqbal menyatakan akan membawa pulang berapapun yang saat ini sudah berada di Kathmandu, ibukota Nepal.

"Berapa pun yang siap di Kathmandu, kita bawa. Kalau tidak bisa dengan pesawat ini, kita bawa dengan pesawat berikutnya," ujar Iqbal kala ditemui wartawan di Bandara Halim Perdana Kusuma pada Rabu (29/4/2015).

Dirinya juga menuturkan, kendala utama dari proses evakuasi di Nepal adalah cuaca. Menurutnya, cuaca di Nepal saat ini sangat tidak bisa diprediksi. Selain itu, masih butanya tim penyelamat terhadap medan di Nepal, membuat evakuasi semakin sulit.

Menurutnya, tim penyelamat Indonesia akan berada di Nepal selama tujuh hari. Sementara tim kedua akan berangkat pada Jumat (1/5) mendatang dengan membawa bantuan kemanusiaan tambahan. Tim kedua akan terbang ke Nepal dengan menggunakan pesawat carteran.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6927 seconds (0.1#10.140)