Jabat Tangan Bersejarah Castro-Obama

Sabtu, 11 April 2015 - 16:33 WIB
Jabat Tangan Bersejarah Castro-Obama
Jabat Tangan Bersejarah Castro-Obama
A A A
PANAMA CITY - Sebuah kejadian bersejarah terjadi di Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Amerika yang bertempat di Panama City. Dalam KTT itu, Presiden dari Amerika Serikat (AS) dan Kuba saling berjabat tangan, dengan raut muka bahagia.

Nampak dalam sebuah foto Presiden AS Barack Obama dengan sedikit tersenyum bersalaman dengan Preisden Cuba Raul Castro. Jabat tangan ini seperti menandai berakhirnya ketegangan kedua negara, yang sudah berlangsung selama 54 tahun terakhir.

Melansir Channel News Asia pada Sabtu (11/4/2015), ini memang bukan pertama kali kedua kepala negara saling bertemu dan berjabat tangan. Keduanya sempat bertemu dan berjabat tangan tangan pada tahun 2013 lalu, kala menghadiri peringatakan kematian Nelson Mandela. Namun, suasananya tak secair pertemuan terbaru

Sementara itu, Kedatangan Castro dalam KTT itu sendiri merupakan yang pertama dalam 21 tahun terakhir. Sekertaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyebut momen bertemunya kedua Kepala Negara dalam suasana hangat, dan munculnya Castro dalam KTT itu adalah sesuatu yang dirindukan dunia.

"Kehadiran Presiden Raul Castro dari Kuba pada hari ini mewujudkan kerinduan mendalam yang coba diungkapkan oleh banyak orang di wilayah ini," ucap Ki-moon dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7038 seconds (0.1#10.140)