Khamenei: Saudi Lakukan Genosida di Yaman

Kamis, 09 April 2015 - 18:41 WIB
Khamenei: Saudi Lakukan Genosida di Yaman
Khamenei: Saudi Lakukan Genosida di Yaman
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei dengan tegas menyebut serangan yang dilakukan Arab Saudi di Yaman adalah sesuatu hal yang salah. Khamenei bahkan menyebut Saudi dan sekutunya memiliki indikasi melakukan genosida di Yaman.

Menurutnya, indikasi ini muncul karena banyaknya warga sipil, termasuk anak-anak dan wanita yang menjadi korban dalam serangan tersebut. Khamenei menyatakan Saudi harusnya diseret ke pengadilan internasional atas apa yang mereka lakukan di Yaman.

"Agresi Arab Saudi terhadap Yaman, terhadap orang-orang Yaman yang tidak bersalah adalah sebuah kesalahan. Ini adalah kejahatan dan masuk dalam kategori genosida yang dapat dituntut di pengadilan internasional." ucap Khamenei, seperti dilansir Reuters pada Kamis (9/4/2015).

Khamenei, dalam kesempatan yang sama juga menyatakan Saudi tidak akan pernah memenangkan pertempuran di Yaman. Alasannya, Suadi tidak hanya melawan Houthi atau milisi anti-Presiden Abd Rabbuh Mansur Al-Hadi, tapi juga melawan seluruh warga Yaman.

Iran sendiri dikabarkan mulai turun tangan dalam konflik yang terjadi di Yaman. Mereka dilaporkan telah mengirim dua kapal perang mereka ke Teluk Aden dan Selat Bab al-Mandab di Yaman. (Baca juga:Agresi Tak Berhenti, Iran Kirim 2 Kapal Perang ke Teluk Yaman)
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3372 seconds (0.1#10.140)