Raja Salman: Tindakan Destabilisasi Iran Jadi Perhatian Besar Arab Saudi

Kamis, 30 Desember 2021 - 09:16 WIB
loading...
Raja Salman: Tindakan Destabilisasi Iran Jadi Perhatian Besar Arab Saudi
Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi sampaikan pidato akhir tahun yang menyoroti kebijakan destabilisasi Iran di Timur Tengah, Rabu (29/12/2021). Foto/SPA
A A A
RIYADH - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud mengatakan tindakan destabilisasi Iran di kawasan Timur Tengah tetap menjadi perhatian besar bagi Arab Saudi .

Pernyataan itu disampaikan Raja Salman dalam pidato akhir tahun pada hari Rabu. Dia berharap Teheran akan meninggalkan kebijakan destabilisasi dan agresi, yang kemudian bekerja sama dalam membawa perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.



“Iran adalah negara tetangga Kerajaan [Arab Saudi]. Kami berharap itu akan mengubah kebijakan dan perilaku negatifnya di kawasan ini dan beralih ke dialog dan kerja sama,” kata Raja Salman dalam pidato tahunannya di Dewan Syura Saudi, seperti dikutip Arab News, Kamis (30/12/2021).

Pidatonya, yang disampaikan secara virtual mengingat pandemi COVID-19 yang bangkit kembali, juga menegaskan kembali inisiatif Arab Saudi untuk mengakhiri konflik di Yaman dan dukungan bagi rakyat Lebanon dalam menghadapi krisis ekonomi dan ancaman keamanan dari Hizbullah.

Arab Saudi dan sekutu Arab dan Barat-nya menuduh Iran mendukung kelompok milisi, termasuk Hizbullah Lebanon, Houthi Yaman, dan Hashd Irak dalam perang proksinya.

Program nuklir Iran juga menjadi perhatian, di mana Israel mengancam akan mengambil tindakan pencegahan kecuali program itu dihentikan. Ancaman itu akan menjadi langkah yang dikhawatirkan akan memicu gejolak besar.

“Kami mengikuti dengan sangat prihatin kebijakan rezim Iran yang mengganggu stabilitas keamanan dan stabilitas di kawasan, termasuk pembentukan dan dukungan milisi sektarian dan bersenjata, pengerahan kemampuan militernya secara sistematis di negara-negara kawasan, dan kekurangannya dalam kerja sama dengan masyarakat internasional mengenai program nuklir dan pengembangan program rudal balistik,” kata Raja Salman.

“Kami juga menindaklanjuti dukungan rezim Iran untuk milisi teroris Houthi, yang memperpanjang perang di Yaman, memperburuk krisis kemanusiaan di sana, dan mengancam keamanan Kerajaan dan kawasan,” katanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)