Palang Merah Internasional Desak Gencatan Senjata di Yaman

Rabu, 08 April 2015 - 15:23 WIB
Palang Merah Internasional Desak Gencatan Senjata di Yaman
Palang Merah Internasional Desak Gencatan Senjata di Yaman
A A A
JENEWA - Palang Merah Internasional (ICRC) mendesak koalisi Teluk dan pemberontak Houthi agar menghentikan pertempuran untuk sementara waktu. Menurut ICRC, gencatan senjata ini perlu dilakukan guna memudahkan proses evakuasi dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Yaman.

Juru bicara ICRC, Marie Claire Feghali, menyatakan pihaknya sangat kesulitan untuk bisa mengirimkan bantuan ke Yaman, akibat pertempuran terus berkecamuk. Menurutnya, kondisi di Yaman sudah sangat mengkhwatirkan akibat sulitnya bantuan masuk ke negara tersebut.

"Saat ini, yang terpenting adalah pasokan medis bisa masuk ke Yaman. Kami akan mengelola bantuan tersebut, dan menyalurkannya ke beberapa rumah sakit dengan bantuan dari Kementerian Kesehatan Yaman," ucap Feghali, seperti dilansir ABC pada Rabu (8/4/2015).

Dirinya juga mengatakan, ICRC akan langsung mengirimkan bantuan obat-obatan tersebut ke beberapa rumah sakit dan juga kamp pengungsi. "Kami akan membawa obatan-obatan dengan kendaraan kami, agar kami yakin bantuan itu benar-benar sampai," imbuhnya.

ICRC sendiri baru berhasil mengirimkan dua pesawat mereka yang membawa obat-obatan dan tenaga medis, kemarin, setelah tertahan hampir satu pekan. ICRC kembali berencana untuk mengirimkan 48 ton obat-obatan, peralatan sanitasi, dan perlengakapan lainnya dalam dua hari ke depan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3310 seconds (0.1#10.140)