Pro-Rusia, Presiden Ceko Tutup Pintu Istana untuk Dubes AS

Senin, 06 April 2015 - 18:52 WIB
Pro-Rusia, Presiden Ceko Tutup Pintu Istana untuk Dubes AS
Pro-Rusia, Presiden Ceko Tutup Pintu Istana untuk Dubes AS
A A A
PRAGUE - Presiden Republik Ceko, Milos Zeman, menutup pintu kastil atau istana Pragueuntuk Duta Besar Amerika Serikat (AS). Hal itu menyusul komentar Dubes AS di Ceko, Andrew Schapiro, yang mengkritik rencana kunjungan Zeman ke Rusia untuk menghadiri peringatan Perang Dunia II di Moskow, Mei nanti.

Para pemimpin Uni Eropa telah kompak memboikot acara penting di Moksow itu sebagai respons mereka atas intervensi Rusia dalam krisis Ukraina. Tapi, Presiden Zeman yang pro-Rusia menegaskan akan hadir ke Moskow.

"Saya tidak bisa membayangkan (jika) Duta Besar Republik Ceko di Washington akan memberikan nasihat kepada Presiden Amerika, di mana seharusnya melakukan perjalanan,” sindir Zeman atas perilaku Dubes AS itu seperti diberitakan media setempat, Parlamentni Listy.

“Saya tidak akan membiarkan duta setiap negara memiliki suara yang mengganggu perjalanan luar negeri saya,” lanjut Zeman. ”Duta Besar (Andrew) Schapiro, pintu kastil tertutup.”

Schapiro, seperti dilansir IB Times, Minggu (5/4/2015) mengatakan Presiden Zeman seharusnya "canggung" untuk menghadiri upacara peringatan Perang Dunia II di Moskow, karena dia hanyai satu-satunya negarawan di Uni Eropa yang memilih hadir ke Moskow.

Komentar Dubes AS ini ternyata memicu kemarahan Presiden Zeman. Presiden Ceko itu selama ini menentang sanksi yang dijatuhkan Barat terhadap Rusia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7079 seconds (0.1#10.140)