Iran Ajak Saudi Selesaikan Konflik Yaman

Selasa, 31 Maret 2015 - 19:28 WIB
Iran Ajak Saudi Selesaikan Konflik Yaman
Iran Ajak Saudi Selesaikan Konflik Yaman
A A A
TEHERAN - Pemerintah Iran menyatakan tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama dengan Arab Saudi dalam membantu menyelesaikan konflik di Yaman. Mereka juga mengatakan telah mengajukan sebuah proposal mengenai penyelesaian konflik di Yaman.

"Iran dan Arab Saudi dapat bekerja sama untuk turut membantu menyelesaikan konflik di Yaman," ucap wakil Menteri Luar Negeri Iran, Hossein Amir Abdollahian dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters pada Selasa (31/3/2015).

Abdollahian, dalam pernyataan di hadapan wartawan juga mendesak kepada semua pihak yang bertikai untuk menahan diri, dan menghentikan pertempuran. Menurutnya, jika adu kekuatan masih terus berlangsung, negosiasi tidak akan pernah bisa dimulai.

"Satu hal yang terpenting adalah, semua pihak di Yaman dapat menenangkan diri dan segera memulai proses dialog," imbuhnya. Politisi Iran itu juga menyebut, pihaknya sedang berusaha untuk melakukan kontak dengan pemerintah Yaman, tanpa menyebutkan siapa yang coba mereka hubungi.

Perang yang berlangsung di Yaman sendiri kerap disebut-sebut sebagai perang antara Saudi dan Iran, walaupun sudah mendapat bantahan dari Duta Besar Arab Saudi untuk Amerika Serikat (AS), Adel Ahmed al-Jubeir. Menurut Jubeir, agresi militer Saudi dan koalisi Teluk dengan nama “Operation Decisive Storm” murni untuk menyelamatkan pemerintah sah Yaman dari pemberontakan milisi Houthi.

Perseteruan antara Iran dan Saudi sejatinya bukanlah rahasia lagi, dua negara besar di kawasan Timur Tengah itu adalah rival sejati, terlebih keduanya memilih paham yang berbeda, dimana di satu sisi adalah penganut Syiah dan sisi lain adalah penganut Sunni.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4492 seconds (0.1#10.140)