Mantan Presiden Yaman: Hadi Gagal Kelola Negara

Minggu, 29 Maret 2015 - 13:34 WIB
Mantan Presiden Yaman: Hadi Gagal Kelola Negara
Mantan Presiden Yaman: Hadi Gagal Kelola Negara
A A A
RIYADH - Mantan Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh menilai konflik yang terjadi di Yaman saat ini adalah akibat dari kegagalan Presiden Abdrabbu Mansour Hadi untuk mengelola negara. Menurut Saleh, permintan Hadi kepada negara Teluk untuk menyerang basis Houthi adalah tindakan putus asa.

"Serangan udara terhadap Yaman tidak memiliki justifikasi, kecuali kegagalan Hadi untuk mengelola negara. Saya berharap saudara-saudara tidak akan bertaruh pada kuda yang kalah," ucap Saleh saat berbicara di pertemuan ke-46 Liga Arab.

Saleh, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (29/3/2015) mendesak Arab Saudi dan sekutunya untuk segera menghentikan serangan terhadap Yaman, dan mulai memilih jalur negosiasi untuk bisa menyelesaikan konflik yang terjadi.

Menurut Saleh, untuk benar-benar menyelesaikan masalah yang ada di Yaman saat ini perlu diadakannya pemilu. Ini dilakukan untuk mengetahui apakah warga Yaman masih percaya terhadap Hadi atau tidak.

"Mari kita kembali duduk di satu meja untuk memulai melakukan negosiasi, dan menyelesaikan semuanya melalui pemilu. Saya berjanji, bahwa saya ataupun keluarga dan kerabat saya tidak akan mencalonkan diri dalam pemilu tersebut," tambahnya.

Konflik di Yaman sendiri memang bermula pada ketidakpuasan Houthi terhadap pemerintahan Hadi. Houthi menilai pemerintahan Yaman di bawah pimpinan Hadi sangat sarat dengan aksi korupsi, yang telah menyengsarakan rakyat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6287 seconds (0.1#10.140)