TB Hasanudin: 514 WNI Gabung ISIS, 4 Tewas

Rabu, 18 Maret 2015 - 14:42 WIB
TB Hasanudin: 514 WNI...
TB Hasanudin: 514 WNI Gabung ISIS, 4 Tewas
A A A
BANDUNG - Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanudin‎, mengklaim telah mendapat informasi bahwa 514 Warga Negara Indonesia (WNI) telah pergi ke luar negeri dan bergabung dnegan ISIS. Dari jumlah itu, empat WNI tewas dalam perang.

"Informasi yang saya dapat, WNI yang gabung di ISIS ada sekitar 514 orang. Mereka sudah ada di sana, dan empat orang di antaranya gugur dalam pertempuran," katanya kepada wartawan di Konferensi Daerah IV PDI Perjuangan di Kota Bandung, Rabu (18/3/2015).

Ditanya asal ratusan WNI yang bergabung dengan kelompok Islamic State Iraq and Syria (ISIS), Hasanudin mengaku belum bisa merincinya. "Yang pasti mereka WNI," ucapnya.

Seusai masa reses, pihaknya akan melakukan diskusi secara intens dengan berbagai instansi seperti Kementerian Luar Negeri, TNI, dan Badan Intelejen Negara untuk mengetahui secara pasti pergerakan ISIS di Indonesia.

Menurutnya, saat ini diperlukan upaya deradikalisasi antara pihak intelejen dan tokoh agama untuk memerangi ISIS. "Wilayah Indonesia ini luas, tapi tidak semua titik ada (gerakan) radikal-nya. Makanya saya yakin bisa (deradikalisasi)," katanya.

Pihaknya juga meminta agar pemerintah dan intelijen tidak melepaskan pantauan kepada sekolah-sekolah yang selama ini tidak tersentuh oleh pengawasan aparat. "Saya pikir kita ini bukan kebobolan. Tapi kalau intens bisa mengontrol, tentu akan jauh lebih baik," ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7669 seconds (0.1#10.140)