Dua Kapal Selam Militer Rusia Dekati Latvia

Selasa, 17 Maret 2015 - 11:16 WIB
Dua Kapal Selam Militer Rusia Dekati Latvia
Dua Kapal Selam Militer Rusia Dekati Latvia
A A A
RIGA - Angkatan bersenjata Latvia mengklaim, bahwa mereka telah mendeteksi dua kapal selam militer Rusia mendekati perairan teritorial Latvia. Dua kapal selam Rusia yang mendekati wilayah Latvia itu adalah dua kapal selam Kilo-class dan kapal hidrographic GS-403.

Kedua kapal selam Rusia itu muncul di luar perairan teritorial Latvia, tiga hari setelah kapal perusak Rusia dilaporkan muncul di lepas pantai Latvia.

Menurut NATO, kapal selam Kilo-class Rusia pernah dikerahkan oleh Soviet di masa silam. Kapal selam itu kemudian resmi menjadi kapal militer Angkatan Laut Rusia sejak awal 1980-an. Kapal selam jenis ini mampu bergerak gesit dan tenang.

“Angkatan Bersenjata pada 16 Maret 2015 di perairan ZEE Latvia melihat dua kapal selam Kilo-class Angkatan Laut Rusia dan kapal hidrographic GS-403,” kata pihak militer Latvia, melalui akun Twitter resminya, @Latvija_armija.

Sejak kapal-kapal selam Rusia bermanuver, negara-negara Baltik telah menyiagakan armada militer mereka sebagai alarm.

Menurut Russia Today, semalam (16/3/2015), pada tahun lalu Latvia juga menuduh bahwa kapal militer Rusia terlihat 50 kali lepas pantai Latvia. Selain itu, pesawat militer Rusia juga dituduh bermanuver di sekitar wilayah udara Latvia sebanyak 200-an kali.

Untuk merespons manuver pesawat militer Rusia itu, tiga negara Baltik telah mengerahkan pesawat jet tempur untuk patroli ratusan kali. Pesawat-pesawat jet tempur mereka juga mengawal pesawat Rusia untuk hengkang dari wilayah udara Baltik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6484 seconds (0.1#10.140)