Latvia: Finlandia dan Swedia Gabung Aliansi, Baltik Jadi Laut NATO

Sabtu, 14 Mei 2022 - 13:01 WIB
loading...
Latvia: Finlandia dan Swedia Gabung Aliansi, Baltik Jadi Laut NATO
Kapal-kapal Rusia terlihat saat latihan perang Zapad-2013 (West-2013) di Laut Baltik, Kaliningrad Region, 26 September 2013. Foto/REUTERS/Alexei Druzhinin/RIA Novosti/Kremlin
A A A
Menteri Luar Negeri (Menlu) Latvia Edgars Rinkevics mengatakan negaranya menyetujui Finlandia dan Swedia bergabung dengan NATO.

Dia mencatat penambahan mereka ke aliansi mengubah Laut Baltik menjadi "laut NATO" saat wawancara pada Jumat dengan Financial Times.

Bersama dengan rekan-rekannya di Estonia dan Lithuania, Rinkevics menyatakan keinginannya meratifikasi aplikasi keanggotaan kedua negara Nordik.



Ketiganya mengatakan kepada Times bahwa mereka akan mendapat manfaat dari kekuatan militer Finlandia dan Swedia, khususnya armada jet tempur buatan Amerika Serikat yang dimiliki Finlandia.



Terlepas dari dukungannya yang tak tanggung-tanggung untuk masuknya tetangga utara Rusia ke NATO, bagaimanapun, Rinkevics berharap untuk lebih banyak pasukan NATO di negaranya.



“Transformasi Baltik menjadi aset NATO tidak mengubah tuntutan kami untuk peningkatan NATO di wilayah Baltik,” papar dia.

Rinkevics menambahkan, “Masih ada masalah yang harus ditangani dan situasi keamanan saat ini membutuhkan tindakan yang lebih berani dari aliansi.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)