Polemik Hukuman Mati, Swiss Usul Indonesia Dialog

Senin, 16 Maret 2015 - 17:07 WIB
Polemik Hukuman Mati, Swiss Usul Indonesia Dialog
Polemik Hukuman Mati, Swiss Usul Indonesia Dialog
A A A
JAKARTA - Pemerintah Swiss mengusulkan kepada Indonesia untuk berdialog terkait polemik hukuman mati yang diprotes sejumlah negara. Swiss siap menjadi mediator dialog.

Usulan itu disampaikan Menteri Luar Negeri Swiss, Didier Burkhalter, saat bertemu dengan Menteri Luar Indonesia, Retno Marsudi, di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Burkhalter mengatakan, Swiss siap menggelar diskusi mengenai hal ini. Swiss, lanjut dia, juga siap menjadi penengah dialog antara Indonesia dengan negara-negara yang memprotes hukuman mati di Indonesia.

"Mengenai permasalahan hukuman mati, saya telah mendiskusikannya dengan Menlu Retno,” ucap Burkhalter, dalam jumpa pers di kantor Kemlu, Jakarta.

“Saya mengusulkan untuk digelar dialog mengenai aspek hukum dari hukuman mati dan kebijakan narkotika di Indonesia, serta bagaimana menanggulangi hal ini di masa depan," lanjut mantan Presiden Swiss pada tahun 2014 itu.

Dalam kesempatan itu, dia memahami situasi Indonesia yang menghadapi darurat narkotika. Dia juga maklum jika pemerintah Indonesia sedang bertindak tegas terhadap pelaku kejahatan narkotika.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4559 seconds (0.1#10.140)