Agen Ganda Beber Identitas 140 Militan ISIS asal Inggris

Senin, 16 Maret 2015 - 10:26 WIB
Agen Ganda Beber Identitas 140 Militan ISIS asal Inggris
Agen Ganda Beber Identitas 140 Militan ISIS asal Inggris
A A A
LONDON - Seorang terduga agen ganda asal Suriah membeberkan identitas 140 militan ISIS asal Inggris. Hal itu diungkap setelah tiga remaja Inggris ditangkap di Istanbul, Turki karena mencoba masuk ke Suriah.

Terduga agen ganda itu bernama Mohammed al-Rashed, 28. Media Turki menulis, Rashed merupakan mantan dokter gigi. Tapi dia diduga telah menjadi agen ganda untuk Barat dan kelompok Islamic State Iraq and Syria (ISIS).

Rashed ini pula yang diduga membantu tiga remaja gadis Inggris, Shamima Begum, 15, Kadiza Sultana, 16, dan Amira, 15, masuk ke Suriah bulan lalu.

Rashed juga mengidentifikasi seorang komandan ISIS yang merupakan lulusan dari Fallowfield, Manchester, yang meninggalkan istri dan anak pada tahun 2013.

“Saya akan mengambil foto dokumen militan saat saya bertemu di bandara Istanbul. Saya menggunakan alasan, bahwa saya membeli tiket. Kemudian saya mengirimkannya (foto-foto itu) ke Kedutaan Besar Kanada,” katanya yang dilansir Mirror, semalam (15/3/2015).

Tiga remaja Inggris yang ditahan di Turki karena mencoba menyeberang ke Suriah telah dideportasi ke Inggris pada Sabtu pekan lalu. Tiga remaja Inggris itu disebut hendak bergabung dengan ISIS.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)