Bocor, Kapal Taiwan Pembawa 21 ABK Indonesia Diduga Tenggelam

Selasa, 10 Maret 2015 - 16:10 WIB
Bocor, Kapal Taiwan Pembawa 21 ABK Indonesia Diduga Tenggelam
Bocor, Kapal Taiwan Pembawa 21 ABK Indonesia Diduga Tenggelam
A A A
JAKARTA - Kapal pencari ikan Taiwan, Hsiang Fu Chuen, pembawa 49 orang, termasuk 21 anak buah kapal (ABK) Indoensia yang hilang di Samudera Atlantik selatan diduga tenggelam.

Dugaan itu mengacu pada laporan dari pemilik kapal yang melakukan kontak terakhir dengan kru kapal. Saat kontak terakhir itu, kru kapal menyatakan bahwa kapal tersebut mengalami kebocoran.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia, Lalu Muhammad Iqbal membenarkan laporan itu. Menurutnya, laporan itu juga diungkap saat pertemuan antara perwakilan Indonesia, pemilik kapal dan pemerintah Taiwan.

"Kemungkinan ada accident karena ketika lost contact tanggal 26 Februari jam tiga pagi, kapten kapal sempat mengontak, bahwa telah terjadi kebocoran, di mana di deck kapal terdapat genangan air," kata Iqbal kepada wartawan di Jakarta, Selasa (10/3/2015).

"Mereka (ABK) melaporkan sedang berusaha untuk mengeringkan air tersebut, namun saat pemilik kapal kembali mencoba menghubungi pada pukul lima pagi, kapal itu sudah tidak dapat dihubungi," ujar Iqbal.

Kapal tersebut hilang kontak saat berada di wilayah yang berjarak 2700 Km dari kepulauan Falkland, salah satu kepulauan yang masuk wilayah Inggris. Proses pencarian saat ini masih dilakukan. Taiwan juga meminta bantuan dari pemerintah Inggris dan Argentina untuk mencari kapal itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4851 seconds (0.1#10.140)