ISIS Ratakan Kota Kuno Nimrud Pakai Buldoser

Jum'at, 06 Maret 2015 - 10:19 WIB
ISIS Ratakan Kota Kuno Nimrud Pakai Buldoser
ISIS Ratakan Kota Kuno Nimrud Pakai Buldoser
A A A
ASYIRIA - ISIS menghancurkan dan meratakan kota kuno Nimrud di Asyria, Irak. Tak tanggung-tanggung, penghancuran kota kuno bersejarah itu menggunakan kendaraan buldoser.

Aksi ulah kelompok Islamic State Iraq and Syria (ISIS) yang kini bernama Islamic State (IS) itu diungkapkan pemerintah Irak, hari Kamis kemarin. “ISIS menyerang kota bersejarah Nimrud dan meratakannya dengan kendaraan berat,” kata Kementerian Pariwisata dan Benda Antik Irak di halaman Facebook resmi.

Seorang pejabat di kementerian itu, mengkonfirmasi bahwa ISIS berulah di kota kuno Irak itu pada siang hari. Kelompok itu juga menggunakan truk yang diduga untuk mengangkut artefak-artefak bersejarah dari situs aslinya.

”Sampai saat ini, kita tidak tahu sampai sejauh mana dampak kehancurannya,” ujar pejabat kementerian itu yang diwawancarai dengan syarat anonim, seperti dilansir Al Arabiya, Jumat (6/3/2015).

Kota Nimrud dibangun pada abad 13 SM. Lokasinya di sebuah wilayah yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Tigris, sebelah tenggara Mosul.

Laporan penghancuran kota kuno Nimrud oleh ISIS hanya berselang beberapa hari setelah kelompok radial itu menghancurkan banyak artefak kuno di sebuah museum Mosul. Ulah ISIS itu dikhawatirkan akan meluas dan situs-situs sejara lain akan terancam ikut dihancurkan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5562 seconds (0.1#10.140)