Libya: Serangan Udara Mesir Pelanggaran Kedaulatan

Senin, 16 Februari 2015 - 18:30 WIB
Libya: Serangan Udara Mesir Pelanggaran Kedaulatan
Libya: Serangan Udara Mesir Pelanggaran Kedaulatan
A A A
TRIPOLI - Serangan udara yang dilancarkan Mesir terhadap anggota ISIS di wilayah Libya terhadap mendapat tanggapan sinis dari otoritas setempat. Parlemen Libya yang berbasis di Tripoli mengecam dan menyebut hal tersebut sebagai pelanggaran terhadap Kedaulatan Libya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (16/2/2015), Mesir dilaporkan melakukan serangan terhadap wilayah Derna yang berada di timur Libya. Serangan ini merupakan respon paska munculnya video eksekusi puluhan warga Kristen Mesir oleh ISIS.

Omar Homaydan, juru bicara Kongres Nasional Umum tidak segan-segan menyebut aksi Mesir tersebut sebagai agresi terhadap Libya. "Kami sangat mengutuk agresi militer yang dilakukan Mesir di wilayah Derna, dan kami menganggapnya sebagai serangan terhadap kedaulatan Libya," ucap Homaydan.

Sementara itu, Serangan ini menurut pemerintah Mesir sejatinya hanyalah awal dari serangkaian serangan yang kelak akan mereka terjunkan sebagai respon eksekusi mati massal terhadap warga mereka. Setidaknya ISIS telah mengeksekusi 21 warga Kristen Mesir, yang mereka culik di Libya.

Mohamed Eljarh, seorang jurnalis di wilayah tak jauh dari serangan pesawat jet tempur Mesir melaporkan melalui Twitter, bahwa Mesir setidaknya melakukan delapan serangan udara terhadap basis-basis ISIS di Libya. Sejak video eksekusi itu dirilis ISIS, Kementerian Luar Negeri Mesir sendiri telah melarang warga Mesir masuk ke Libya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6911 seconds (0.1#10.140)