Melonjak Tajam, Korban Tewas Banjir Libya Tembus 11.300 Jiwa

Jum'at, 15 September 2023 - 16:19 WIB
loading...
Melonjak Tajam, Korban Tewas Banjir Libya Tembus 11.300 Jiwa
Citra satelit memperlihatkan kehancuran dahsyat kota Derna di Libya yang diterjang banjir bandang. Foto/NBC News
A A A
DERNA - Jumlah korban tewas akibat banjir bandang yang menerjang dan menghancurkan kota Derna di Libya melonjak tajam. Sebanyak 11.300 orang diyakini tewas setelah aliran air deras meluluhlantakkan kota di Libya timur itu, jumlah korban jiwa yang sangat besar yang sebagian besar sebenarnya bisa dihindari.

Sekretaris jenderal Bulan Sabit Merah Libya, Marie el-Drese, mengatakan kepada Associated Press melalui telepon bahwa 10.100 orang lainnya dilaporkan hilang di kota Derna yang hancur. Sebelumnya, pejabat kota mengatakan jumlah korban tewas bisa mencapai 20.000 orang.

Penghitungan pasti mengenai peningkatan jumlah korban tewas sangat sulit dilakukan mengingat tingkat kerusakan dan situasi politik yang kacau di wilayah tersebut, dengan jenazah yang masih terdampar di pantai dan penguburan dilakukan di kuburan massal.

Saat tim penyelamat melakukan pencarian di bawah air dan di bawah reruntuhan, muncul kekhawatiran bahwa jenazah yang membusuk dapat menyebabkan wabah penyakit yang mematikan.

"Lebih dari 7.000 warga terluka," kata juru bicara layanan ambulans Osama Ali seperti dikutip dari NBC News, Jumat (15/9/2023).



Sementara itu menurut Organisasi Internasional untuk Migrasi, sebuah badan PBB, sekitar 30.000 orang dari Derna mengungsi.

Jumlah korban tewas bervariasi tergantung pada pejabat mana yang memberikannya, meskipun semuanya memperkirakan jumlah korban mencapai ribuan dan Wali Kota Derna mengatakan bahwa jumlah tersebut bisa meningkat tiga kali lipat ketika tim pencari dan orang yang selamat menemukan lebih banyak mayat di reruntuhan.

“Situasinya sangat besar dan mengejutkan bagi kota Derna. Kami tidak mampu menghadapinya dengan kemampuan kami sebelum badai dan arus deras,” Wali Kota Abdel Moneim al-Ghaithi mengatakan kepada Sky News Arabia pada Rabu malam.

Kantor Wali Kota mengatakan bahwa jumlah korban tewas bisa mencapai 20.000 orang – sekitar seperlima dari populasi kota – berdasarkan perkiraan mereka yang tinggal di daerah yang tersapu banjir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)