Dunia Kecam Pemenggalan Goto

Minggu, 01 Februari 2015 - 14:38 WIB
Dunia Kecam Pemenggalan Goto
Dunia Kecam Pemenggalan Goto
A A A
NEW YORK - Para pemimpin dunia, mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama hingga Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengeluarkan kecaman keras atas pemenggalan yang dilakukan ISIS terhadap warga Jepang, Kenji Goto.

Seperti diberitakan Sputnik, Minggu (1/2/2015), Ki-moon melalui juru bicaranya mengecam aksi pemenggalan Goto, dan menyebutkan sebagai tindakan barbar yang tidak dapat diterima. Menurut Ki-moon, eksekusi ini juga semakin menunjukan terus meningkatnya kekerasan di Irak dan Suriah, yang diakibatkan oleh kehadiran ISIS.

Sementara itu, Obama menyebut eksekusi terhadap Goto adalah pembunuhan Keji terhadap seseorang yang mencoba untuk mengungkap fakta mengenai penderitaan rakyat Suriah. Goto memang merupakan wartawan lepas bagi beberapa media Jepang, yang bertugas di sekitar wilayah konflik.

"Melalui laporan yang kerap dia buat, Goto dengan berani mencoba menyampaikan kepada seluruh dunia mengenai penderitaan yang dialami oleh warga Suriah," ucap Obama dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan Pedana Menteri Inggris David Cameron menyatakan eksekusi ini adalah bukti lain bahwa ISIS menganggap nyawa manusia itu adalah hal yang murah. "Ini adalah pengingat lebih lanjut bahwa ISIS merupakan perwujudan dari kejahatan, dengan tidak pernah menghargai nyawa manusia," ucapnya.

Kecaman senada juga turut diutarakan oleh Presiden Prancis Francois Hollande, yang menggambarkan eksekusi terhadap Goto adalah pembunuhan yang brutal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0109 seconds (0.1#10.140)
pixels