Negara yang Pernah Keluar dari PBB, Nomor 1 Soroti Dominasi Barat

Selasa, 24 Mei 2022 - 09:15 WIB
loading...
Negara yang Pernah Keluar dari PBB, Nomor 1 Soroti Dominasi Barat
Para pemimpin dunia berkumpul dalam pertemuan di kantor pusat PBB di New York, AS. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merupakan organisasi persatuan negara-negara di dunia yang memiliki tujuan menjaga perdamaian, membina hubungan persahabatan, dan membangun kerja sama internasional.

Terbentuknya PBB tidak terlepas dari adanya Liga Bangsa-Bangsa (LBB) yang telah berdiri sebelumnya.

LBB adalah organisasi yang dibentuk untuk membangun kerja sama dan mencapai perdamaian internasional. LBB didirikan di bawah Perjanjian Versaille pada tahun 1919.

LBB dibubarkan karena dianggap tidak mampu menangani Perang Dunia II yang melibatkan negara-negara di Eropa dan Asia Pasifik.

Kemudian, PBB resmi dibentuk pada 24 Oktober 1945, ditandai dengan piagam PBB yang diratifikasi oleh China, Prancis, Uni Soviet, Inggris, Amerika Serikat, dan mayoritas penandatangan lainnya.

Sebelum dibubarkan pada tanggal 18 April 1946, LBB memiliki 58 negara sebagai anggotanya. Sementara saat PBB didirikan, anggotanya berjumlah 51 negara.



Baik di masa LBB maupun PBB, terdapat anggota yang memutuskan untuk keluar dari LBB. Berikut ini negara yang pernah keluar dari LBB dan PBB:

1. Indonesia

Indonesia merupakan satu-satunya negara yang pernah keluar dari PBB. Pada masa pemerintahan Soekarno, tepatnya pada 7 Januari 1965, Indonesia memutuskan mengundurkan diri dari PBB.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1443 seconds (11.210#12.26)