Jerman Desak Separatis Hentikan Serangan di Ukraina Timur

Senin, 26 Januari 2015 - 19:18 WIB
Jerman Desak Separatis Hentikan Serangan di Ukraina Timur
Jerman Desak Separatis Hentikan Serangan di Ukraina Timur
A A A
BERLIN - Pemerintah Jerman mendesak separatis pro-Rusia untuk segera menghentikan tindakan agresi mereka di wilayah Ukraina timur. Jerman menyebut negoisasi damai tidak akan pernah bisa terlaksana jika pertempuran masih terus berlangsung di wilayah itu.

"Jika kita ingin keluar dari sprial kekerasan ini, dan memberikan waktu untuk berdiplomasi, maka sangat penting bagi separatis untuk menghentikan semua serangan dan menghormati gencatan senjata," ucap juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel, Steffen Seibert.

Melansir Reuters, Senin (26/1/2015) Seibert menegaskan ada sebuah konsekuensi yang sangat besar dan nyata jika pertempuran tersebut tidak segera dihentikan. Dirinya berharap separatis dapat menghormati isi perjanjian MInsk, yang menjadi dasar bagi negoisasi damai di Ukraian timur.

Dalam kesempatan yang sama, Seibert juga menyerukan kepada pemerintah Rusia untuk menggunakan pengaruh mereka terhadap separatis, dan meminta separatis untuk menghentikan serangan di wilayah Ukraina timur.

Namun, ketika ditanya apakah Jerman akan turut mengajukan sanski baru terhadap Negeri Beruang Merah itu, dirinya enggan berkomentar banyak. "Saya belum bisa mengatakan apakah akan dan atau tidak sanksi baru (untuk Rusia)," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6977 seconds (0.1#10.140)