Cherif Kouachi, Sosok di Balik Serangan Kantor Charlie Hedbo

Kamis, 08 Januari 2015 - 17:18 WIB
Cherif Kouachi, Sosok...
Cherif Kouachi, Sosok di Balik Serangan Kantor Charlie Hedbo
A A A
PARIS - Penyerang kantor surat kabar Charlie Hedbo diketahui bukanlah orang baru dalam dunia hitam di Prancis. Salah seorang penyerang, yang diduga sebagai otak dari serangan itu, Cherif Kouachi (32) pernah dipenjara karena kasus terorisme.

“Cherif Kouachi merupakan anggota militan yang pernah dipenjara tahun 2008 lalu karena terbukti terlibat dalam jaringan penyalur militan untuk bertempur di Irak,” ungkap Perdana Menteri Prancis, Manuel Valls, seperti dilansir Channel News Asia, Kamis (8/1/2014).

Dalam serangan itu, Cherif membawa serta seorang saudaranya bernama Said Kouachi (32), serta seorang pemuda berusia 18 tahun bernama Hamyd Mourad. Setidaknya 12 orang tewas, termasuk dua polisi, dan tiga orang karikatur ternama Prancis yang bekerja di surat kabar itu.

Hamyd sendiri diketahui sudah menyerangkah diri kepada kepolsiian Prancis. Dirinya menyerahkan diri setelah melihat namanya ada dalam daftar orang yang dicari, sebagai salah satu tersangka serangan tersebut.

Polisi Prancis hingga saat ini masih memburu Kouachi bersaurdara. Pencarian besar-besaran pun diterjunkan untuk bisa menemukan kedua saudara itu secepat mungkin.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)