Isu HAM di ASEAN Masih Jadi Sorotan AS

Rabu, 03 Desember 2014 - 21:04 WIB
Isu HAM di ASEAN Masih Jadi Sorotan AS
Isu HAM di ASEAN Masih Jadi Sorotan AS
A A A
JAKARTA - Isu mengenai Hak Asasi Manusia (HAM) di kawasan ASEAN, menurut Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk ASEAN, Nina Hichigian, masih menjadi salah satu hal yang disorot pemerintahanya di kawasan. Salah satu sebabnya, terutama karena belum terselesaikannya kasus HAM di Myanmar, yang melibatkan etnis Rohingya.

Hichigian mengaku telah melakukan perjalanan ke Myanmar beberapa pekan lalu, tepatnya saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN berlangsung di negara tersebut. Ia juga sudah melakukan pertemuan dengan pejabat setempat untuk membahas mengenai tersebut.

"Pemerintah AS terus melakukan mendekatkan diri (dengan pemerintah Myanmar) dan terus memantau situasi terbaru di sana (Myanmar)," ucap Hichigian saat menemui awak media di pusat kebudayaan AS di Jakarta pada Rabu (3/12/2014).

Namun, dirinya menyatakan tidak terlalu memfokuskan diri dalam melihat isu di sebuah negara tertentu. Ia mengaku lebih melihat apa yang ada, permasalahan apa yang sedang terjadi di ASEAN secara lebih luas.

"Mungkin hal ini akan lebih cocok ditanyakan kepada Duta Besar Kami yang berada di Myanmar, karena dialah yang setiap hari memantau dan mengikuti perkembangan mengenai kasus ini," ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7489 seconds (0.1#10.140)