Pesawat Prancis Terobos Langit Swedia, Rusia Sempat Dituduh

Selasa, 18 November 2014 - 10:02 WIB
Pesawat Prancis Terobos Langit Swedia, Rusia Sempat Dituduh
Pesawat Prancis Terobos Langit Swedia, Rusia Sempat Dituduh
A A A
STOCKHOLM - Pesawat militer Prancis telah menerobos langit atau wilayah pertahanan udara Swedia. Namun, Swedia sempat menuduh dan menyalahkan Rusia.

Tuduhan keliru itu sempat dilaporkan media setempat, Expressen, yang menulis; “Pesawat Rusia berada di beberapa kilometer di sisi yang salah dari perbatasan.”

Namun, tak berselang lama terungkap jika pesawat militer yang menerobos langit Swedia adalah pesawat Prancis.

Kedutaan Prancis di Stockholm, Swedia mengatakan mereka sedang menyelidiki aksi pelanggaran udara itu. ”Saya tidak memiliki informasi apapun sekarang. Kami berada dalam kontak dengan Paris untuk memahami apa yang terjadi,”kata Lionel Fabre, juru bicara Kedutaan Prancis, semalam (17/11/2014).

Atas tuduhan yang keliru itu, Rusia sempat jadi bahan cemoohan di media sosial Eropa. Tuduhan keliru bahwa pesawat militer Rusia menerobos pertahanan udara Swedia muncul hanya sehari setelah Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan militernya tidak pernah melanggar wilayah udara negara lain.

Menurut Putin pesawat-pesawat tempur Rusia selama ini hanya mengudara di wilayah udara internasional. ”Latihan-latihan eksklusif kami berlangsung di perairan dan wilayah udara internasional,” katanya kepada penyiar stasiun televisi Jerman, ARD.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5806 seconds (0.1#10.140)