DPR Spanyol Siap Voting untuk Akui Palestina

Jum'at, 14 November 2014 - 10:54 WIB
DPR Spanyol Siap Voting untuk Akui Palestina
DPR Spanyol Siap Voting untuk Akui Palestina
A A A
MADRID - Parlemen atau DPR Spanyol akan menggerlar voting pada 18 November 2014 untuk menentukan perlu tidaknya mengakui negara Palestina yang merdeka.

Inisiatif untuk pengakuan terhadap negara Palestina itu dipelopori oleh Partai Sosialis Pekerja Spanyol yang mendesak pemerintah Spanyol untuk mengakui Palestina sebagai negara merdeka dan berdaulat.

“Desakan dengan keyakinan bahwa hidup berdampingan antara negara Israel dan Palestina dapat dicapai melalui dialog dan negosiasi yang menjamin perdamaian dan keamanan, serta menghormati hak asasi manusia warga negara, dan stabilitas di kawasan itu,” tulis media Spanyol, El País, mengutip pernyatan partai itu.

Desakan pengakuan secara resmi terhadap negara Palestina oleh Spanyol sudah muncul sejak 17 Oktober 2014. Pada akhir Oktober lalu, sebuah petisi warga Israel di Spanyol justru menyerukan parlemen Spanyol untuk mengakui negara Palestina. Petisi itu dibuat dengan mengumpulkan 469 tanda tangan.

Seruan untuk pengakuan negara Palestina itu juga tak lepas dari inisiatif mantan direktur jenderal Kementerian Luar Negeri, Alon Liel. Dia berharap pengakuan negara Palestina akan membantu memecahkan kebuntuan dalam proses perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Kami ngeri dengan kemungkinan, bahkan hampir jadi nyata, dari terbentuknya satu negara (gabungan Israel dan Palestina),” kata Liel kepada Jerusalem Post.”Kami takut bahwa negara tersebut akan berakhir menjadi sebuah negara apartheid,” katanya lagi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6464 seconds (0.1#10.140)