Kepala 3 Pelaut AS Dimasukkan ke Karung lalu Dihajar Warga Turki

Kamis, 13 November 2014 - 11:03 WIB
Kepala 3 Pelaut AS Dimasukkan ke Karung lalu Dihajar Warga Turki
Kepala 3 Pelaut AS Dimasukkan ke Karung lalu Dihajar Warga Turki
A A A
ISTANBUL - Tiga pelaut Amerika Serikat (AS) dihajar sekelompok pemuda nasionalis Turki. Kepala tiga pelaut AS itu dipaksa masuk ke karung putih dan diserang.

Insiden yang membuat pemerintah AS marah itu terjadi di Distrik Eminonu, tepi pantai Instanbul. Mereka yang menghajar tiga pelaut AS adalah selusin pemuda nasionalis Turkiye Genclik Birliği atau Pemuda Union Turki.

Sebelum memaksa memasukkan kepala tiga pelaut AS ke dalam karung putih, sekelompok pemuda itu mengejar ketiga korban hingga di dermaga.”Yankee Go Home,” teriak mereka. ”Ganyang Imperialis Amerika,” bunyi teriakan lainnya.

Aksi penggunaan karung putih itu sejatinya merujuk pada insiden perang Irak tahun 2003. Kala itu, pasukan AS di Irak utara menangkap sekelompok tentara Turki dan memaksa memasukkan kepala mereka ke dalam karung dan menahan hingga tiga hari.

Ulah tentara AS tahun 2003 itu memicu amarah para tokoh nasionalis di Turki. Insiden itu pula yang menjadi acuan pembuatan film “Valley of the Wolves: Iraq”, sebuah film tahun 2006 yang bercerita tentang agen Turki di Irak.

”Kami ingin Anda tersesat dan kita menggunakan hak kita untuk memprotes,” kata sekelompok pemuda itu kepada tiga pelaut AS, seperti dikutip Al Arabiya, Kamis (13/11/2014).

Setelah pengainiayan terhadap tiga pelaut AS itu, 12 orang dilaporkan telah ditangkap. Para pelaut AS itu merupakan awak dari kapal perang i USS Ross, yang sedang ditambatkan di Istanbul setelah menjalani latihan militer di Laut Hitam.

”Kami merasa gerah dan terganggu. Kami mengutuk serangan itu,” kata juru bicara militer AS, Kolonel Steven Warren, di Washington.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6557 seconds (0.1#10.140)