Penyerang Parlemen Kanada Pernah Protes Masjid 'Liberal'

Sabtu, 25 Oktober 2014 - 14:58 WIB
Penyerang Parlemen Kanada Pernah Protes Masjid Liberal
Penyerang Parlemen Kanada Pernah Protes Masjid 'Liberal'
A A A
OTTAWA - Michael Zehaf-Bibeau, tersangka pengumbar tembakan di gedung parlemen atau DPR Kanada pernah memprotes masjid yang dianggap terlalu liberal.

Protes itu terjadi beberapa tahun lalu. Namun, tidak hanya Zehaf Bibeau seorang yang memprotes masjid di Kanada itu. Namun, para pria lain yang diketahui terlibat dalam terhadap tentara Kanada.

Zehaf-Bibeau ditembak mati saat mengumbar tembakan di sebuah ruang di gedung parlemen Kanada di Ottawa, beberapa hari lalu. Dia membunuh seorang tentara sebelum menyerang gedung parlemen. Ibunya, Susan Bibeau, merasa terpukul oleh ulah putranya itu. (Baca: Menlu Kanada: Zehaf-Bibeau Bukan Anggota ISIS)

Aasim Rashid, juru bicara Asosiasi Muslim British-Columbia, mengatakan bahwa Michael Zehaf-Bibeau pernah menghabiskan malam di masjid Al-Salam di Kanada. Menurut Rashid, Zehaf-Bibeau memprotes pemimpin masjid di era sebelumnya yang membiarkan masjid itu terlalu liberal. Yakni, membolehkan warga non-Muslim masuk.

”Pemerintah (pengurus) masjid menyuruhnya duduk dan menjelaskan kepadanya bahwa kebijakan masjid ini memang membuka pintu untuk semua Muslim dan non-Muslim yang ingin berkunjung,” kata Rashid, dalam konferensi pers yang dilansir AP, Sabtu (25/10/2014). (Baca juga: Kanada Kalang Kabut Hadapi Teror Militan)

Lantaran protesnya itu, Zehaf-Bibeau kemudian dipersilakan beribadah di masjid lain jika dia tidak setuju dengan kebijakan masjid Al-Salam. Meski mendapat teguran seperti itu, dia masih berusaha melawan dengan tetap tidur di masjid itu.

Setelah dua atau tiga kali tidur di masjid tersebut dan tetap memprotes kebijakan masjid, Zehaf-Bibeau, akhirnya diperintahkan pergi dari masjid dan dilarang kembali. ”Ini adalah interaksi terakhir orang-orang dari masjid di sini dengan dia,” ujar Rashid.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6163 seconds (0.1#10.140)