BND Sebut Separatis Penyebab Jatuhnya MH17

Senin, 20 Oktober 2014 - 19:41 WIB
BND Sebut Separatis Penyebab Jatuhnya MH17
BND Sebut Separatis Penyebab Jatuhnya MH17
A A A
BERLIN - Badan Intelijen Luar Negeri Jerman, BND membuat sebuah kesimpulan awal mengenai insiden jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17. Seperti sudah diduga, BND menyalahkan separatis di Ukraina timur atas insiden tersebut.

Melansir Al Jazeera, Senin (20/10/2014), Presiden BND Gerhard Schindler dalam pertemuan dengan komiter parlemen rahasia bidang keamanan menyatakan, separatis menggunakan rudal Buk buatan Rusia untuk menjatuhkan pesawat nahas tersebut.

“Para separatis menggunakan sistem pertahanan rudal Buk untuk menjatuhkan MH17, mereka menembahakan rudal tersebut dari wilayah Ukraina, dan langsung menghancurkan pesawat nahas tersebut,” ucap Schindler. “Jelas, separtis pro-Rusia yang melakukan hal tersebut,” tegasnya.

Sementara itu, seorang politisi Rusia, Alexei Pushkov yang merupakan kepala komite rendah Rusia membantah keterlibatan Rusia dalam insiden jatuhnya pesawat nahas tersebut. Puskhov menyatakan kesimpulan dari BND belum tentu berhubungan dengan Rusia, dan bahkan bisa berimplikasi pada Ukraina sendiri.

“Badan intelijen Jerman menyatakan, pesawat tesebut jatuh oleh rudal Buk curian yang ditembakan oleh separatis, itu sudah jelas menunjukan bahwa kami (Rusia) tidak terlibat,” ucap Puskhov. “Bukan tidak mungkin, rudal tersebut bisa saja ditembakan oleh pasukan Ukraina, dan bukan oleh seperatis,” tambahnya.

Tim penyelidik internasional sendiri hingga saat ini belum berani menyalahkan sebuah pihak atas insiden tersebut, karena proses penyidikan masih berjalan. Penyelidik hanya menyebut pesawat tersebut jatuh karena menghantam sebuah benda berkekuatan besar.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6490 seconds (0.1#10.140)