Korut dan Korsel Saling Bertukar Tembakan Peringatan

Selasa, 07 Oktober 2014 - 11:11 WIB
Korut dan Korsel Saling...
Korut dan Korsel Saling Bertukar Tembakan Peringatan
A A A
SEOUL - Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) kembali mengalami gesekan. Militer kedua negara dikabarkan melakukan aksi jual beli tembakan peringatan di sekitar wilayah maritim yang saat ini menjadi sengeketa kedua belah pihak.

Melansir BBC, Selasa (7/10/2014), tembakan peringatan awalnya didahului oleh militer Korsel, saat sebuah kapal Korut melintasi wilayah perairan sengketa. Tanpa diduga, kapal tersebut membalas tembakan peringatan yang dilepaskan sisi Korsel.

“Kami telah mengirimkan tembakan peringatan ketika kapal tersebut melintas, namun kapal milik Korut melakukan tembakan peringatan balasan. Aksi saling membalas tembakan peringatan terjadi hingga kapal Korut akhirnya mundur,” ungkap pihak militer Korsel.

“Insiden itu terjadi pada pukul 10.00 pagi (pukul 03.00 dini hari waktu Indonesia barat),” kantor berita Korsel, Yonhap melaporkan. Insiden ini hanya berlangsung tiga hari setelah kedua sisi sepakat untuk melakukan pembicaraan tingkat tinggi pada akhir Oktober mendatang.

Insiden ini dilaporkan terjadi di dekat pulau Yeonpyeong, yang dekat dengan perbatasatan maritim kedua negara. Dalam gesekan terbaru tersebut, tidak ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan dari kedua sisi.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8508 seconds (0.1#10.140)