AS Paksa UE Jatuhkan Sanksi untuk Rusia

Sabtu, 04 Oktober 2014 - 18:08 WIB
AS Paksa UE Jatuhkan...
AS Paksa UE Jatuhkan Sanksi untuk Rusia
A A A
WASHINGTON - Sanksi yang terus menerus dijatuhkan Uni Eropa (UE) kepada Rusia pada dasarnya bukanlah murni keingingan UE. Menurut Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, pihaknyalah yang mendesak UE untuk menjatuhkan sanksi tersebut.

Melansir Russia Today, Sabtu (4/10/2014), Biden menyebut AS sudah memberikan pilihan kepada Rusia, yakni menghormati kedaulatan Ukraina atau menghadapi konsekuensi tambahan. Konsekuensi itu adalah sanksi yang dikenakan oleh UE terhadap Rusia.

“Memang benar, mereka (UE) tidak ingin melakukan hal tersebut (penjatuhan sanksi kepada Rusia),” ungkap Biden. “Pemerintah AS dan Presiden Barack Obama lah yang terus mendesak UE untuk menjatuhkan saksi tersebut,” tambahnya.

“Kami memang sering kali hampir harus mempermalukan negara-negara Eropa dengan terus mendesak mereka agar menjatuhkan sanksi dan memaksakan konsekuensi tambahan kepada pihak Rusia,” papar Biden.

Sanksi yang dijatuhkan oleh UE dan beberapa negara Eropa kepada Rusia pada akhirnya memberikan efek bumerang pada negara-negara itu sendiri. Beberapa negara mendapat pukulan keras dari sisi pertanian dan industri makanan, setelah Rusia merespon sanksi tersebut.

Rusi untuk sementara menghentikan pengiriman bahan makan pada negara-negara Eropa yang menjatuhkan sanksi kepada mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1044 seconds (0.1#10.140)