Ngamuk, Demonstran Kiev Robohkan Patung Lenin

Senin, 29 September 2014 - 11:38 WIB
Ngamuk, Demonstran Kiev Robohkan Patung Lenin
Ngamuk, Demonstran Kiev Robohkan Patung Lenin
A A A
KHARKIV - Demonstran pro-Pemerintah Kiev, Ukraina, mengamuk di Kota Kharvkiv dan merobohkan patung tokoh Soviet, Vladimir Lenin. Demonstran yang didukung para pejabat Kiev bersorak ketika patung idola Soviet itu roboh.

Insiden itu terjadi Minggu di kota terbesar di Ukraina timur. Ihor Baluta, gubernur wilayah Kharkiv, bahkan menandatangani perintah untuk merobohkan patung Lenin.”Kharkiv adalah Ukraina,” teriak para demonstran yang dilansir BBC.

Menteri Dalam Negeri Ukraina, Arsen Avakov, menulis dalam akun Facebook-nya, bahwa ia memberi perintah bagi polisi untuk melindungi orang-orang di Ukraina tengah. “Bukan berhala. Lenin? Biarkan dia roboh,” tulis Avakov.

“Selama orang tidak terluka. Selama idola komunis berdarah ini tidak mengambil banyak korban, dengan itu ketika ia pergi,” imbuh dia.

Lebih dari 3 ribu orang, seperti dikutip RT, semalam (28/9/2014) telah berkumpul untuk menyaksikan patung pemimpin Revolusi Bolshevik itu dirobohkan.

Kendati demikian, polisi di Kharkiv, akan menyelidiki aksi vandalism di kota yang sebagian besar penduduknya berbahasa Rusia itu.”Akan ada hukuman untuk kehancuran atau kerusakan situs warisan budaya dan benda milik pribadi,” bunyi pernyataan kepolisian setempat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5485 seconds (0.1#10.140)