Skotlandia Urung Merdeka, Ini Perasaan Ratu Inggris

Sabtu, 20 September 2014 - 11:11 WIB
Skotlandia Urung Merdeka,...
Skotlandia Urung Merdeka, Ini Perasaan Ratu Inggris
A A A
LONDON - Skotlandia urung merdeka setelah hasil referendum Jumat kemarin menyatakan, bahwa mayoritas rakyat Skotlandia memilih tetap bergabung dengan Inggris. Ratu Kerajaan Inggris, Elizabeth II, menyampaikan perasaaan dan pesan khusus setelah referendum itu.

Pesan itu salah satunya, meminta semua pihak, baik yang ada di Inggris maupun di wilayah Skotlandia untuk saling menghormati dan memberikan dukungan. Elizabeth tidak ingin gejolak referendum itu membuat masyarakat terpecah belah. (Baca: Ratu Elizabeth II: Skotlandia Hati-hati untuk Berpikir Merdeka)

”Mengenal rakyat Skotlandia seperti yang saya lakukan, saya tidak ragu bahwa Skotlandia, seperti orang lain di seluruh Inggris, mampu untuk mengekspresikan pendapat yang dipegang teguh sebelum datang bersama-sama lagi dalam semangat saling menghormati dan mendukung,” katanya, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan Istana Buckingham.

Ratu Inggris berusia 88 tahun itu mengakui ada perasaan yang kuat dan emosi yang berlawanan setelah pemungutan suara referendum Skotlandia Kamis lalu. Meskipun pada akhirnya, kubu yang menghendaki Skotlandia meredeka akhirnya kalah.

”Itu, tentu saja, adalah sifat dari tradisi demokrasi yang kuat kita nikmati di negeri ini. Tapi saya tidak ragu bahwa emosi ini meluap untuk memahami perasaan orang lain,” lanjut pesan Ratu Elizabeth II, yang dikutip Reuters, Sabtu (20/9/2014).

Dia memberikan semangat kepada rakyat Skotlandia untuk terus bersatu dengan Inggris untuk mewujudkan masa depan Skotlandia dan seluruh negara bagian Inggris yang lebih baik.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0984 seconds (0.1#10.140)