Inggris Bantah akan Pindahkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Jika Skotlandia Merdeka

Kamis, 02 September 2021 - 18:57 WIB
loading...
Inggris Bantah akan Pindahkan Kapal Selam Bersenjata Nuklir Jika Skotlandia Merdeka
Inggris membantah akan memindahkan kapal selam bersenjata nuklir mereka, dari pangkalan di Skotlandia jika Edinburgh memilih merdeka dalam referendum kedua. Foto/REUTERS
A A A
LONDON - Inggris membantah bahwa mereka akan memindahkan kapal selam bersenjata nuklir mereka,dari pangkalan mereka di Skotlandia jikaEdinburghmemilih merdeka dalam referendum kedua. Inggris dilaporkan ingin memindahkan Trident ke Amerika Serikat (AS), Prancis atau Devonport di Inggris.

Terdapat empat kapal selam Inggris yang dipersenjatai dengan delapan rudal, masing-masing membawa 40 hulu ledak nuklir yang ditempatkan di pangkalan militer di Skotlandia. Setidaknya satu kapal selam itu harus ada di laut, membawa persenjataan nuklir.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa tidak ada rencana untuk memindahkan kapal-kapal selam itu dari pangkalan di Skotlandia.

“Tidak ada rencana untuk memindahkan penangkal nuklir dari HM Naval Base Clyde, yang berkontribusi pada keamanan dan ekonomi Skotlandia, dan Inggris yang lebih luas dan fasilitas pendukungnya aman untuk komunitas lokal,” ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (2/9/2021).

Sebelumnya diwartakan, mengutip pejabat senior Inggris,Financial Timesmelaporkan bahwa kapal-kapal bersenjata rudal Trident harus berbasis di luar Inggris jika Skotlandia meninggalkan Inggris.

Pangkalan baru yang disarankan adalah Kings Bay di Georgia, tempat AS menyimpan armada nuklirnya, atau le Longue di Brittany, Prancis.

Proposal alternatif, yang menelan biaya 3-4 miliar poundsterling, akan membuat armada kapal selam itu dipindahkan ke Devonport di Plymouth, Inggris.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0928 seconds (0.1#10.140)