Abbas Desak Israel Hentikan Serangan Darat

Jum'at, 18 Juli 2014 - 20:26 WIB
Abbas Desak Israel Hentikan Serangan Darat
Abbas Desak Israel Hentikan Serangan Darat
A A A
KAIRO - Presiden Palestina, Mahmoud Abbas mendesak Israel untuk menghentikan serangan darat ke wilayah Gaza. Menurut Abbas, hal ini akan semakin mempersulit upaya gencatan senjata yang coba dicapai kedua pihak.

Melansir Al Arabitya, Jumat (18/7/2014), pernyataan Abbas tersebut muncul hanya berselang beberapa jam setelah Israel mulai melancarkan operasi darat yang bertujuan untuk memukul mundur Hamas.

"Isarel harus menghentikan operasi darat di Jalur Gaza. Operasi ini hanya akan menyebabkan lebih banyak pertumpahan darah dan mempersulit situasi dan upaya untuk menghentikan agresi Israel," ungkap Abbas saat ia berbicara dihadap sekelompok intelektual Mesir.

Sehari sebelumnya, Abbas bertemu dengan Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi. Mereka membahas upaya-upaya diplomatik untuk mengakhiri konflik antara Israel dan kelompok Hamas yang telah memasuki hari ke-11.

Kementerian Luar Negeri Mesir juga mengecam operasi darat Israel dan menuntut agar kedua belah pihak untuk menerima proposal gencatan senjata yang diusulkan Kairo. “Mereka harus menerima proposal itu, sesegera mungkin dan tanpa syarat,” ungkap kementerian itu.

Operasi darat yang dilakukan Israel sendiri setidaknya telah memakan 12 korban jiwa. Salah satu diantaranya adalah tentara mereka sendiri, Sersan Eitan Barak, 20 dari Herzliya dan merupakan yang pertama kali dari kubu militer Israel jatuh korban sepanjang perang selama 11 hari terakhir.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4967 seconds (0.1#10.140)