Agen Ganda Jerman Diduga Bekerja Untuk CIA

Minggu, 06 Juli 2014 - 19:48 WIB
Agen Ganda Jerman Diduga Bekerja Untuk CIA
Agen Ganda Jerman Diduga Bekerja Untuk CIA
A A A
BERLIN - Seorang tersangka agen ganda yang bekerja untuk Dinas Intelijen Jerman, BND, dikabarkan juga bekerja untuk Badan Intelijen Pusat Amerika (CIA). Hal tersut diungkapkan salah satu surat kabar lokal mengutip sumber dari BND.

Melansir Voice of Russia, Minggu (6/7/2014), agen BND berusia 31 tahun yang tidak disebutkan namanya tersebut berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian Jerman berdasarkan laporan BND pada pertengahan pekan lalu.

“Dia diyakini telah mencuri lebih dari 200 dokumen rahasia,” ungkap sumber BND. “Semua bukti menunjukkan bahwa ia telah bekerja untuk Amerika, Ini bukan tindakan yang bersahabat," sumber tersebut menambahkan.

Dengan terbongkarnya insiden ini, dikabarkan membuat BND berpikir ulang untuk melanjutkan kerjasama intelijen dengan pemerintah Amerika. Insiden ini sendiri telah memicu kemarahan besar di Jerman.

“Pada tahun 2012, ia menghubungi kedutaan besar Amerika di Berlin melalui e-mail dan menawarkan layanan mata-mata. Beberapa minggu kemudian, ia bertemu dengan agen Amerika di Salzburg,” ucap sumber itu.

Duta Besar Amerikan untuk Jerman, John Emerson, dipanggil oleh Menteri Luar Negeri Jerman untuk memberikan klarifikasi seputar tindakan mata-mata yang turut menyeret Kedutaan Amerika di Jerman tersebut.

Kanselir Angela Merkel telah diberitahu tentang penangkapan tersangka agen ganda itu. Jika terbukti bahwa agen BND bekerja untuk Amerika, maka itu merupakan salah satu pelanggaran berat dalam hubungan diplomatik kedua negara.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5665 seconds (0.1#10.140)