Khdair Dikubur, Rakyat Palestina Pekikkan 'Intifada!'

Sabtu, 05 Juli 2014 - 15:49 WIB
Khdair Dikubur, Rakyat Palestina Pekikkan Intifada!
Khdair Dikubur, Rakyat Palestina Pekikkan 'Intifada!'
A A A
YERUSALEM - Pekikan “Intifada!”, “Intifada!” muncul dari sejumlah rakyat Palestina saat ikut menguburkan jenazah Mohammed Abu Khdair, 17, remaja Palestina yang diculik dan dibunuh.

Remaja itu, menurut hasil autopsi yang keluar pada Sabtu (5/7/2014) diketahui tewas dibakar hidup-hidup.

Pekikan “Intifada!” itu bermunculan saat iring-iringan rombongan pengantar jenazah Khdair ke lokasi pemakaman, melintas, Jumat kemarin. Beberapa rakyat Palestina yang menyerukan yel-yel itu juga terlibat bentrok dengan aparat polisi Israel.

Intifada adalah kebangkitan besar-besaran rakyat Palestina dalam melawan pendudukan Israel. Intifada pernah pecah pada tahun 1987-1993. Kala itu, rakyat Palestina mengobarkan perang habis-habisan melawan Israel.

Banyak warga Palestina, termasuk Presiden Mahmud Abbas, menegaskan bahwa Khdair adalah korban dari orang-orang Yahudi sayap kanan yang marah atas kematian tiga remaja Israel sebelumnya.

Sementara itu, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, seperti dikutip Reuters, menyebut pembunuhan Abu Khdair, sehari setelah tiga remaja Israel dikuburkan, sebagai tindakan menjijikkan. Dia telah memerintahkan polisi Israel untuk melakukan penyelidikan secara cepat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6044 seconds (0.1#10.140)