Lavrov: Jika Irak Runtuh, Timur Tengah akan Goyah

Minggu, 29 Juni 2014 - 13:58 WIB
Lavrov: Jika Irak Runtuh, Timur Tengah akan Goyah
Lavrov: Jika Irak Runtuh, Timur Tengah akan Goyah
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan, stabilitas Timur Tengah akan ditentukan oleh kondisi Irak. Hal tersebut diutarakannya saat melakukan pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry.

“Jika Irak runtuh dan mengingat bahwa Libya sudah hampir runtuh, dan saat ini seseorang tampaknya ingin Suriah untuk memiliki nasib yang sama, seluruh wilayah akan bergejolak dan itu akan mempengaruhi bukan hanya Timur Tengah dan Afrika Utara, tetapi juga daerah yang berdekatan," ungkap Lavrov.

Melansir Voice of Russia, Minggu (29/6/2014), Lavrov mengatakan, pembicaraan dengan Kerry lebih banyak membahas mengenai kondisi Irak, dan hanya sedikit membahas mengenai situasi terbaru di Ukraina.

“Bukan hanya AS dan Inggris, tapi semua negara di kawasan itu harus berpartisipasi dalam menghadapi krisis Irak,” Lavrov menambahkan. Irak dan Suriah saat ini sedang berusaha untuk melawan para militan yang semakin gencar melakukan serangan.

"Kami meminta pihak lain untuk membuat kesimpulan dari apa yang terjadi di Irak, Libya dan Yaman, dimana negara-negara tersebut saat ini sedang mengalami ujian berat. Bukan hanya London dan Washington yang harus membuat keputusan, tetapi semua negara di kawasan itu, semua tetangga Irak harus turut berpastisipasi," ucap Lavrov.

"Saya ingin menekankan sekali lagi, semua negara tetangga Irak dan Suriah harus duduk di satu meja dan membahas masalah kedua negara. Dan, saya percaya bahwa pendekatan yang sama harus diadopsi dalam menangani krisis di Afghanistan," tegas Lavrov.

Ia juga menambahkan, sebagai anggota tetap Dewan Keamanan PBB, Rusia dan China juga akan berpartisipasi dalam mencari jalan keluar atas krisis yang terjadi di Irak, dan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4880 seconds (0.1#10.140)