Nikahi Pria Idaman, Wanita Pakistan Tewas Digorok

Minggu, 29 Juni 2014 - 12:26 WIB
Nikahi Pria Idaman, Wanita Pakistan Tewas Digorok
Nikahi Pria Idaman, Wanita Pakistan Tewas Digorok
A A A
KARACHI - Pembunuhan atas nama menyelamatkan kehormatan keluarga, kembali terjadi di Pakistan. Seorang ayah dilaporkan tega menggorok leher putrinya sendiri, hanya karena sang anak menikahi pria pilihannya.

Seperti dilansir Daily Mail, Minggu (29/6/2014), seorang gadis Pakistan berusia 17 tahun, beserta pasangannya yang berusia 31 tahun, digorok oleh ayah sang wanita. Hal ini dikarenakan keduanya menikah tanpa persetujuan dari keluarga mereka yang tinggal di sebuah desa di Punjabi.

"Ketika pasangan itu sampai di sana (Punjabi), mereka (orang tua wanita) mengikat pasangan itu dengan tali. Tiba-tiba, Dia (ayah gadis itu) memotong leher mereka," ungkap pihak kepolisian setempat. Aparat segera menangkap anggota keluarga wanita yang dianggap terlibat dalam insiden ini.

Menurut pengkuan keluarga sang perempuan, hal tersebut dilakukan karena mereka merasa malu atas apa yang dilakukan oleh putrinya. Tradisi budaya di banyak daerah di Pakistan mentolelir hal semacam ini. Membunuh seorang wanita yang perilakunya dipandang sebagai tidak sopan atau mencoreng nama baik keluarga, diterima secara luas beberapa wilayah di Pakistan.

Komisi Hak Asasi Manusia Pakistan mengatakan, setidaknya terjadi 869 pembunuhan yang disebut 'pembunuhan atas nama kehormatan' terjadi tahun lalu. Namun angka tersebut belum valid. Menurut mereka, jumlah korban mungkin jauh lebih tinggi, karena banyak kasus yang tidak pernah dilaporkan.

Di beberapa wilayah di Pakistan, bila seorang wanita menikah dengan pria pilihannya sendiri dan bukan pilihan keluarga besar, maka akan dianggap sebagai sebuah tindakan yang mencoreng nama baik keluarga. Membunuh si wanita dianggap sebagai langkah untuk mengembalikan kehormatan keluarga.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6625 seconds (0.1#10.140)