Jet Tempur Jatuh di Spanyol, Nyawa Pilot Melayang

Selasa, 10 Juni 2014 - 13:27 WIB
Jet Tempur Jatuh di Spanyol, Nyawa Pilot Melayang
Jet Tempur Jatuh di Spanyol, Nyawa Pilot Melayang
A A A
MORON - Pesawat jet tempur Eurofighter jatuh di pangkalan udara Moron, Spanyal barat daya, kemarin. Pilot pesawat tewas seketika dalam insiden itu.

“Kecelakaan pesawat itu membunuh pilot di sebuah pangkalan udara, di Spanyol barat daya, Senin,” kata Kementerian Pertahanan Spanyol dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Voice of Russia, Selasa (10/6/2014). ”Pesawat jet Eurofighter jatuh saat mendarat di landasan pacu, pangkalan Moron.”

Pilot yang tewas dalam kecelakaan pesawat tersebut bernama Fernando Lluna Carrascosa, 30. Insiden terjadi sekitar pukul 14.00 waktu Spanyol. Carrascosa, yang telah menikah belum lama ini sebenarnya merupakan pilot dengan pengalaman terbang 600 jam.

Penyebab kecelakaan itu masih belum diketahui. Pangkalan udara Moron, merupakan pangkalan udara, yang terletak sekitar 35 mil (55 kilometer) sebelah tenggara dari Seville. Pangkalan itu biasanya digunakan Spanyol dan Amerika Serikat.

Namun, hanya Angkatan Udara Spanyol yang mengoperasikan pesawat jet tempur Eurofighter. Pesawat itu merupakan pesawat bermesin ganda yang mulai dipopulerkan tahun 2003.

Pesawat tersebut dibuat oleh sebuah konsorsium yang terdiri dari kelompok pertahanan Inggris BAE, kelompok kedirgantaraan Eropa Airbus dan kontraktor pertahanan Finmeccanica, Italia.

Pesawat jet Eurofighter dirancang untuk melesat sangat gesit dan bisa multiperan. Hebatnya, pesawat itu mampu melakukan serangan darat selain menjaga pertahanan udara. Saingan pesawat tersebut adalah pesawat buatan Lockheed Martin, Boeing dan Dassault Aviation.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7092 seconds (0.1#10.140)