Gempur Luhansk, Pesawat Tempur Kiev Tembakkan 150 Rudal

Rabu, 04 Juni 2014 - 09:49 WIB
Gempur Luhansk, Pesawat Tempur Kiev Tembakkan 150 Rudal
Gempur Luhansk, Pesawat Tempur Kiev Tembakkan 150 Rudal
A A A
LUHANSK - Serangan udara yang dilakukan pesawat dan helikopter tempur Ukraina menyasar wilayah Luhansk, Ukraina timur. Militer Kiev mengkonfirmasi, lebih dari 150 rudal telah ditembakkan daam aksi militer yang berlangsung sejak Senin lalu itu.

Tim pemantau dari Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa ( OSCE ) juga menegaskan, bahwa gedung administrasi pemerintah Kota Luhansk juga diserang. Namun, militer Kiev mengklaim serangannya tidak menargetkan daerah-daerah sipil.

“Pada tanggal 2 Juni, tak lama setelah pukul 15.00, roket menghantam gedung pemerintahan daerah yang diduduki (separatis pro-Rusia). Berdasarkan pengamatan, serangan ini adalah hasil dari roket,” bunyi laporan OSCE, seperti dilansir Russia Today, semalam (3/6/2014).

Sementara itu, Departemen Pertahanan Ukraina menyatakan pemboman di daerah Luhansk dimaksudkan untuk menjaga perbatasan Ukraina yang telah dicoba untuk dikuasai milisi lokal. ”Semua yang yang terjadi di sana untuk mendukung perlindungan perbatasan Ukraina. Militer telah menembakkan lebih dari 150 rudal melalui tiga pesawat jet dan lima helikopter tempur,” bunyi pernyataan departemen itu.

Menurut kementerian itu, dua pos pemeriksaan pasukan pertahanan diri (milisi lokal) hancur dalam serangan itu. Namun, sejumlah media Rusia melaporkan, serangan militer Ukraina tidak serta merta menyasar gedung-gedung adiministrasi yang diduduki para milisi lokal. Sebab, warga sipil juga menjadi sasaran. Data sementara menyebut, delapan warga sipil tewas dalam serangan militer itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5203 seconds (0.1#10.140)