Membelot ke Separatis Pro-Rusia, 30 Tentara Kiev Ditembaki

Jum'at, 23 Mei 2014 - 08:50 WIB
Membelot ke Separatis Pro-Rusia, 30 Tentara Kiev Ditembaki
Membelot ke Separatis Pro-Rusia, 30 Tentara Kiev Ditembaki
A A A
LUHANSK- Kelompok separtis pro-Rusia yang memproklamirkan kemerdakaan Luhansk dari Ukraina menodong senjata terhadap 30 tentara Ukraina. Puluhan tentara Ukraina itu pun tak berkutik dan memilih membelot ke kubu separatis pro-Rusia.

Namun, militan bersenjata sektor kanan pro-Kiev tidak terima dengan tindakan pasukan Kiev yang membelot itu. Puluhan tentara Kiev yang memblot tersebut, kemudian diberondong tembakan. Demikian disampaikan juru bicara Republik Rakyat Luhansk (LPR), Ostap Cherny.

Insiden itu terjadi setelah pembicaraan antara LPR dan pasukan Kiev di Kota Privolye, mengalami kebuntuan. ”Pada hari Kamis, kami mendapat kabar dari Lisichansk, bahwa tentara berusaha menyerbu kota. Kami mengirim kelompok untuk melakukan pembicaraan,” katanya, seperti dikutip Itar-Tass, Jumat (23/5/2014).

Sebelum membelot, puluhan pasukan Kiev mengepung warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan. Mereka telah menembak mati tujuh militan pro-Rusia. ”Sementara pembicaraan berlangsung, tembakan mulai terdengar, dan tujuh anggota milisi Luhansk tewas dan enam belas lainnya terluka,” kata Cherny.

“Sebanyak 30 orang dari brigade Ukraina meletakkan senjatanya dan membelot ke warga sipil. Menurut informasi terbaru yang tersedia, militan Sektor Kanan menembak mereka semua,” lanjut Cherny.

Sesaat setelah penembakan terjadi, disusul baku tembak antara milisi pro-Rusia dan milisi pro-Kiev.”Baku tembak berlangsung selama sekitar setengah jam. Mortir meledak dan rumah-rumah dibakar,” imbuh juru bicara milisi LPR itu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5022 seconds (0.1#10.140)