Usai ledakan renggut 299 jiwa, tambang di Turki kini tebakar

Sabtu, 17 Mei 2014 - 15:26 WIB
Usai ledakan renggut 299 jiwa, tambang di Turki kini tebakar
Usai ledakan renggut 299 jiwa, tambang di Turki kini tebakar
A A A
Sindonews.com - Sebuah kebakaran terjadi pada Sabtu (17/5/2014),di area tambang batu bara yang meledak beberapa hari lalu. Hinga kini, dari 780-an pekerja tambang, sudah 299 orang ditemukan tewas dalam ledakan besar di tambang batu bara tersebut.

Akibat kebakaran itu, tim penyelamat terpaksa menghentikan upaya penyelamatan untuk mencari korban lain yang masih terjebak di area tambang. Menteri Energi Turki, Taner Yildiz mengatakan, kebakaran itu menyulitkan tim penyelamat.

Menurutnya, sebanyak 15 jenazah penambang terbaru telah ditemukan. Mereka tewas karena keracunan karbon monoksida ketika ledakan besar terjadi. ”Ini adalah kebakaran lokal (di area tambang), tetapi penting dan kita harus perhatikan itu,” kata Yildiz, seperti dikutip Reuters.

Dia meyakini masih ada tiga pekerja yang ada di area tambang yang belum bisa dievakuasi.”Tentu, itu jadi kendali kita,” ujarnya. Kebakaran tersebut juga membuat para tim penyelamat menghindar dari area tambang untuk menghindari jatuhnya korban terbaru.

Tragedi ledakan tembang di Kota Soma, Manisa, itu memicu kemarahan rakyat Turki, setelah Perdana Menteri Recep Tayyip Erdogan terkesan meremehkan tragedi itu. Dia mengatakan, ledakan tambang merupakan hal biasa yang terjadi di negara mana pun. Pernyataan Erdogan itu memicu amarah warga Turki yang kemudian melampiaskannya dengan berdemonstrasi di berabagi kota.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6469 seconds (0.1#10.140)