Korut tak terima dituduh lakukan kejahatan kemanusiaan

Sabtu, 15 Februari 2014 - 17:28 WIB
Korut tak terima dituduh...
Korut tak terima dituduh lakukan kejahatan kemanusiaan
A A A
Sindonews.com–Pihak PBB mengatakan, investigasi kriminal internasional diperlukan untuk menguatkan tuduhan kejahatan kemanusiaan yang terjadi di Korea Utara (Korut). Sementara itu, pihak Korut tidak terima dengan tuduhan tersebut.

Seorang juru bicara Duta Besar Korut untuk PBB di New York, yang menolak untuk memberikan namanya mengatakan kepada AP, Sabtu (15/2/2014), mengatakan, pemerintahannya tidak bisa menerima tuduhan itu. ”Kami benar-benar menolak temuan tidak berdasar dari Komisi Penyelidikan mengenai kejahatan kemanusiaan . Kami tidak akan pernah menerima itu,” katanya.

Sedangkan sebuah panel PBB yang dipimpin oleh pensiunan hakim Australia, Michael Kirby, mengatakan kejahatan terhadap kemanusiaan telah dilakukan di Korut. Dia akan minta dilakukan penyelidikan kriminal internasional .

Dalam sebuah laporan yang akan dirilis pada Senin (17/2/2014), dia meyakini temuan dari penyelidikan akan membuat marah Kim Jong-un, pemimpin Korut.

Komisi yang melakukan penyelidikan selama setahun, lanjut dia, telah menemukan bukti dari berbagai kejahatan, termasuk pembersihan kroni, kejahatan terhadap kemanusiaan yang dialami penduduk, pembiaran kelaparan dan kampanye penculikan individu di Korea Selatan dan Jepang.

Oktober lalu, Kirby mengatakan kepada Majelis Umum PBB, bahwa Komisi Penyelidikan akan memberikan laporan akhir.”Di mana masyarakat internasional akan diwajibkan untuk menghadapi tanggung jawab dan memutuskan tindakan nyata apa untuk melindungi rakyat Korut,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0843 seconds (0.1#10.140)