Walikota Bangui ditunjuk jadi presiden sementara CAR

Selasa, 21 Januari 2014 - 00:44 WIB
Walikota Bangui ditunjuk jadi presiden sementara CAR
Walikota Bangui ditunjuk jadi presiden sementara CAR
A A A
Sindonews.com – Anggota Parlemen Republik Afrika Tengah (CAR) pada Senin (20/1/2014), memilih walikota Bangui, Catherine Samba-Panza sebagai presiden interim negara itu. Samba-Panza diharap bisa memimpin negara itu keluar dari gelombang pembunuhan sektarian, menjelang digelarnya pemilu.

“Saya presiden dari semua wilayah Afrika Tengah tanpa pengecualian," tegas Samba-Panza, seperti dikutip dari Reuters. Ia harus menunjukkan pada semua pihak, bahwa dirinya dia tidak memiliki hubungan pada gelombang kekerasan yang terjadi.

"Saya menghimbau pada milisi Anti Balaka dan Seleka untuk mendengarkan saya dan bersama-sama meletakkan senjata Anda," tambah Samba-Panza yang lahir di Chad dan pindah ke CAR ketika ia berusia 18 tahun.

Presiden CAR sebelumnya, Michel Djotodia, yang merebut kekuasaan pada Maret 2013, mengundurkan diri pada bulan ini di bawah tekanan internasional. Djotodia mundur setelah gagal untuk menghentikan pertumpahan darah yang meletus setelah pemberontakan.

Gelombang pembunuhan dan penjarahan oleh pejuang Seleka dipicu serangan balas dendam oleh milisi Kristen yang dikenal sebagai Anti Balaka. Hal ini memicu siklus kekerasan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara masyarakat yang sebelumnya pernah tinggal berdampingan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6523 seconds (0.1#10.140)