Bom Rakitan Meledak, 3 Personel Pasukan PBB di Republik Afrika Tengah Tewas

Rabu, 05 Oktober 2022 - 20:31 WIB
loading...
Bom Rakitan Meledak, 3 Personel Pasukan PBB di Republik Afrika Tengah Tewas
Bom Rakitan Meledak, 3 Personel Pasukan PBB di Republik Afrika Tengah Tewas. FOTO/Reuters
A A A
KAITA - Sebuah bom rakitan yang diletakkan di pinggir jalan meledak dan menewaskan tiga personel pasukan Penjaga Perdamaian PBB dari Bangladesh yang ditempatkan di barat laut Republik Afrika Tengah. Selain korban tewas, bom juga melukai beberapa personel lainnya.

“Serangan itu terjadi pada Senin (3/10/2022) di dekat desa Kaita, dekat perbatasan dengan Kamerun, daerah yang penuh dengan kegiatan milisi,” misi penjaga perdamaian MINUSCA mengatakan pada Selasa (4/10/2022) malam.



“Batalyon sedang melakukan patrol, ketika salah satu kendaraannya menabrak alat peledak,” lanjut pernyataan MINUSCA dalam sebuah tweet, seperti dikutip dari Al Jazeera.

Tidak ada milisi yang secara langsung disalahkan atas serangan itu, meskipun kepala MINUSCA Valentine Rugwabiza mengutuk “penggunaan alat peledak oleh kelompok bersenjata”.

MINUSCA, yang secara resmi dikenal sebagai Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi PBB di Republik Afrika Tengah, mengatakan telah meluncurkan penyelidikan atas ledakan tersebut.

Sejak 2013, Republik Afrika Tengah telah diguncang oleh kekerasan, ketika kelompok pemberontak Seleka yang sebagian besar Muslim menggulingkan Presiden Francois Bozize, yang memicu pembalasan dari sebagian besar milisi Kristen.



Konflik tersebut telah mencabut lebih dari satu juta orang, menurut PBB. Kekerasan mereda setelah perjanjian damai yang goyah ditandatangani pada Februari 2019 antara pemerintah dan 14 kelompok bersenjata.

Tetapi, situasinya tetap tidak stabil karena petak-petak wilayah masih di luar kendali pemerintah di salah satu negara termiskin di dunia. Pasukan penjaga perdamaian PBB dikerahkan ke CAR pada tahun 2014.

Misi tersebut saat ini menghitung lebih dari 14.200 personel berseragam dan telah menderita 147 kematian, kata situs webnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)