Aksi demonstran lumpuhkan Bangkok berlanjut

Selasa, 14 Januari 2014 - 17:05 WIB
Aksi demonstran lumpuhkan Bangkok berlanjut
Aksi demonstran lumpuhkan Bangkok berlanjut
A A A
Sindonews.com - Puluhan ribu demonstran anti-Pemerintah Thailand, pada Selasa (14/1/2014), melanjutkan aksi mereka untuk melumpuhkan Kota Bangkok. Aksi itu, merupakan lanjutan aksi kemarin untuk menuntut Perdana Menteri Yingluck Shinawatra lengser.

Kepala keamanan nasional Thailand, Letnan Jenderal Paradon Pattanathabut, mengatakan, semalam aksi melumpuhkan Bangkok mencapai puncaknya. Di mana 170 ribu demonstran anti-Pemerintah Thailand menduduki jalanan Kota Bangkok dan membuat lalu lintas lumpuh.

Menurut Paradon, pada aksi lanjutan hari ini, jumlah massa diperkirakan turun menjadi puluhan ribu orang. Sebagian dari mereka telah pulang ke rumah untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

Aksi massa melumpuhkan Bangkok itu, digagas Komite Reformasi Demokratis Rakyat (PDRC) kelompok oposisi anti-pemerintah, dengan pemimpinnya, Suthep Thaugsuban. Suthep dulunya adalah Wakil Perdana Menteri Thailand dari Partai Demokrat atau partai oposisi.

Berbeda dengan kemarin, di mana 140 sekolah ditutup, pada hari ini sebagian besar sekolah dibuka kembali. Sebagian jalan juga dibuka, meski massa anti-pemerintah masih menduduki setiap persimpangan jalan. Kebanyakan masyarakat, memilih jalur alternatif agar tidak terjebak dalam demonstrasi.

”Kami akan tetap dengan cara-cara damai untuk mencapai tujuan kami, yakni reformasi,” kata Akanat Prompan, juru bicara PDRC, seperti dikutip CNN. ”Kami berusaha untuk membatasi kerugian yang mungkin dirasakan masyarakat umum dan kalangan pebisnis.”

Sementara itu, pihak kepolisian masih mengerahkan 20 ribu personel untuk mengendalikan situasi Kota Bangkok. Sekjen PBB, Ban Ki-moon, mengaku sudah menghubungi Yingluck dan Suthep untuk menjembatani perbedaan di antara mereka.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6590 seconds (0.1#10.140)